Manajemen Halaman Statis

Sejarah Desa Kayangan

07 Februari 2019
Admin Desa
Dibaca 227 Kali
Sejarah Desa Kayangan

 

Sejarah Desa Kayangan

Desa Kayangan merupakan salah satu dari 20 desa  yang terletak wilayah administrasi kecamatan Diwek kabupaten Jombang, berada di sebelah selatan salah satu tempat wisata religi yang berada di kabupaten Jombang yaitu makam Gus Dur.

Desa kayangan didirikan oleh seorang perempuan bernama Soyinah yang oleh masyarakat desa Kayangan dipanggil mbah Soyi. Mbah Soyi adalah perempuan yang mandiri, beliau mulai membuka wilayah yang masih berupa hutan pada waktu itu dengan dibantu beberapa orang.

Nama desa Kayangan menurut cerita masyarakat berawal dari cerita pewayangan. Dulu ada pertapa atau tokoh pewayangan yaitu semar pernah bertapa di wilayah yang mbah soyinah bersihkan. Bukti  bahwa semar pernah bertapa di wilayah itu adalah adanya petilasan yang sekarang dikenal masyarakat sebagai Karangkletak, yang terletak di perbatasan desa Kayangan dengan desa Blimbing. Oleh karena itu Mbah Soyinah menamakan wilayah itu dengan nama Kayangan.

Seiring dengan perkembangan jaman tanah perdikan (dusun) semakin padat penduduknya dan masyarakat banyak yang membuka lahan pertanian dan pemukiman sehingga berkembang menjadi 4 (empat) perdikan/dusun, yaitu dusun Kayangan, dusun Kayen, dusun Tebon dan dusun Tungu.

Setelah Indonesia merdeka, Desa Kayangan telah mengalami beberapa masa          

 kepemimpinan, yaitu: 

No.

Nama Kepala Desa

Dari Tahun

Sampai Tahun

1

Said

  Sebelum 1952

1952

2

Islan

1952

1988

3

Huriono

1990

2006

4

Bagus Suseno

2007

2013

5

Tutik Handayani

2013

Sekarang

 

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image